Jumat, 17 Desember 2010

PROFIL


SEJARAH, VISI-MISI DAN TUJUAN
PROGRAM PASCASARJANA
STAIN CIREBON


Sejarah Singkat
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Cirebon, sebagai lembaga pendidikan tinggi Islam, telah lama berkiprah dalam melahirkan sarjana dan intelektual Muslim yang memiliki kompetensi dalam penguasaan ilmu-ilmu agama Islam, yakni sejak lembaga pendidikan ini didirikan pada tahun 1965. Pendirian Program Pascasarjana tidak dapat dipisahkan dari sejarah panjang STAIN Cirebon itu, untuk selalu berusaha mewujudkan komitmen dan mengembangkan kiprahnya dalam melahirkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas sesuai dengan tuntutan dan perkembangan zaman, dan selalu berpartisipasi dalam memberikan konstribusi bagi pemecahan persoalan-persoalan bangsa, khususnya yang berkaitan dengan problema pendidikan, dakwah, dan keilmuan Islam.

Dilihat dari latar belakang dan prosesnya, pendirian program pascasarjana merupakan obsesi seluruh sivitas akademika STAIN Cirebon, yang sudah tertuang dalam Rencana Induk Pengembangan (RIP) dan Master Plan STAIN Cirebon Tahun 1994/ 1995 - 2018/ 2019, dan mendapat dukungan penuh dari Senat dan segenap sivitas akademika STAIN Cirebon. Dalam rentang waktu yang panjang, berbagai upaya telah dilakukan untuk dapat memenuhi ketentuan-ketentuan yang berlaku bagi pendirian program pascasarjana. Upaya-upaya rintisan telah pula dilakukan, di antaranya dengan mengadakan bimbingan calon mahasiswa program pascasarjana pada tahun 1998-2001, yang diselenggarakan oleh  Panitia Persiapan Pendirian Program Pascasarjana STAIN Cirebon. Bersamaan dengan itu, Panitia tersebut melakukan studi kelayakan atas berbagai potensi yang dimiliki STAIN Cirebon, mempelajari kekuatan dan kelemahan, peluang dan tantangannya, serta kondisi-kondisi strategis Cirebon, bahkan Jawa Barat dan sekitarnya. Hasil kajian itu dituangkan dalam Proposal Pendirian Program Pascasarjana STAIN Cirebon, selanjutnya disampaikan kepada Menteri Agama Republik Indonesia. Selain itu, dalam rangka memenuhi tuntutan objektif terhadap kebutuhan pendidikan program pascasarjana (S-2) di kalangan dosen, guru, dan karyawan di wilayah II Cirebon, maka dijalin kerjasama dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Gunung Djati Bandung pada tahun 2001-2003, dan dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada tahun 2004-2005 untuk dapat menyelenggarakan perkuliahan program pascasarjana di kampus STAIN Cirebon.

Akhirnya, ikhtiar panjang itu berbuah hasil, dengan lahirnya Keputusan Dirjen Kelembagaan Agama Islam Nomor 476 Tahun 2004 tanggal 28 Desember 2004 tentang Pendirian Program Pascasarjana STAIN Cirebon. Atas dasar keputusan itu, maka pada Tahun Akademik 2005/ 2006 STAIN Cirebon secara resmi mulai membuka Program Pascasajna, dengan Program Studi Pendidikan Islam, konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam, Psikologi Pendidikan Islam, dan Pendidikan Agama Islam.

Visi dan Misi Program Pascasarjana
Visi
Menjadi pusat pengembangan pendidikan dan studi Islam yang unggul dan berwawasan global dengan berbasis pada tradisi dan budaya lokal.

Misi       
Melahirkan lulusan yang memiliki kemantapan akidah, kedalaman spiritual, keagungan moral, dan keluasan ilmu pengetahuan, serta berkepribadian Indonesia.
Menyiapkan tenaga profesional yang mampu melakukan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pemecahan problema masyarakat dalam bidang manajemen, psikologi pendidikan Islam, dan pendidikan agama Islam.
Mengembangkan ilmu pengetahuan Islam, sains, keterampilan berkarya dan keterampilan bermasyarakat, secara modern, inklusif, dan demokratis.

Dasar dan Tujuan

Dasar
Program Pascasarjana STAIN Cirebon didirikan berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI Nomor 476 Tahun 2004 Tanggal 28 Desember 2004.
    
Tujuan
Untuk melahirkan lulusan yang berkepribadian Muslim, memiliki penguasaan dan pemahaman yang terpadu antara sains dan agama, informasi dan teknologi, berwawasan global dan berkepribadian Indonesia.
Untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan Islam, kemampuan memecahkan permasalahan berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah, dan keterampilan berkarya dan bermasyarakat secara profesional dalam masyarakat modern dan majemuk.

Kedudukan, Tugas dan Fungsi
Program Pascasarjana adalah unsur pelaksana akademik yang melaksanakan sebagian tugas dan fungsi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri [STAIN] Cirebon yang berada di bawah Ketua STAIN.
Program Pascasarjana mempunyai tugas menyelenggarakan pendidikan program magister dan program doktor.
Program Pascasarjana menyelenggarakan fungsi pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat, pembinaan sivitas akademika, dan kerjasama dengan lembaga-lembaga lain, dalam dan luar negeri.

ž

2 komentar: